Sabtu, 04 Desember 2010

materi kelas 7 : B. FUNGSI PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Pada bagian ini hanya akan membahas beberapa fungsi perangkat keras komputer. Adapun fungsi dari bagian-bagian perangkat keras komputer adalah sebagai berikut :
1. Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu bagian dari peralatan masukan (input device) yang berfungsi untuk memasukkan data atau memberikan perintah kepada komputer. Keyboard mempunyai bentuk susunan huruf dan tanda baca yang hampir sama dengan mesin ketik.
    tombol-tombol yang terdapat pada keyboard secara garis besar besarnya dapat dibedakan menjadi 6 bagian yaitu tombol fungsi, tombol qwerty, tombol edit, tombol control kursor, tombol numeric dan tombol lainnya. Adapun fungsi dari masing-masing tombol tersebut adalah sebagai berikut :
a. Tombol fungsi
Tombol fungsi terdiri dari tombol F1 sampai dengan F12 yang terletak pada baris tombol paling atas dari suatu keyboard . Tombol fungsi ini berfungsi sebagai jalan pintas (Shortcut).

b. Tombol qwerty
Tombol ini terdiri dari tombol huruf, angka dan tanda baca serta beberapa tombol lainnya. Hampir semua Keyboard dengan berbagai merek memiliki susunan yang sama sehinnga akan memudahkan bagi operator atau user untuk melakukan data melalui tombol-tombol ini dengan cepat. Banyak operator yang telah dapat menggunakan tombol-tombol ini dengan cepat tanpa melihat tombolnya saat mengoperasikan komputer. Kebayakan dari mereka biasanya menggunakan sistem sepuluh jari. Setiap jari memiliki tugas sendiri-sendiri di dalam menghentak tombol.

c. Tombol edit
Tombol edit terletak disebelah kanan tombol qwerty. Tombol edit terdiri dari :
- Insert
- Delete
- Home
- End
- Page up dan Page down.
Adapun fungsi dari masing-masing tombol adalah sebagai berikut :
* Insert : Tombol Insert berfungsi untuk menyisipkan karakter pada saat melakukan penyuntingan naskah data
* Delete : Tombol Delete berfungsi untuk menghapus karakter atau spasi.
* Home : Tombol Home berfungsi untuk menggeser kursor ke awal baris. Penekanan tombol Home bersamaan dengan tombol Ctrl berfungsi untuk menggeser kursor ke awal halaman.
* End : Tombol End berfungsi untuk menggeser kursor ke akhir baris. Penekanan bersama-sama tombol End dan Ctrl berfungsi untuk menggeser kursor menuju akhir halaman.
* Page Up : Tombol Page Up berfungsi untuk menggulung tulisan naik satu lyar. Penekanan bersama-sama tombol Pge uo dan Ctrl berfungsi untuk menggulung tulisan naik satu halaman.
* Page Down : Tombol Page down berfungsi untuk menggulung tulisan turun satu layar. Penekanan bersama-sama tombol Page Down dan Ctrl berfungsi untuk menggulung tulisan turun satu halaman.

d. Tombol Kursor Kontrol
Tombol ini berfungsi untuk menggeser kursor dengan cepat ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke bawah.
Berfungsi untuk :
- menggeser kursor ke atas
- menggeser kursor ke bawah
- menggeser kursor ke kiri
- menggeser kursor ke kanan.

e. Tombol Numeric
 Tombol Numeric atau tombol angka terletak disebelah kanan tombol Qwerty. Tombol ini berfungsi untuk memasukkan data angka dalam jumlah besar dengan cepat.

f. Tombol lainnya
Selain 5 kelompok tombol tersebut masih terdapat beberapa tombol penting lainnya, seperti tombol ESC, Enter, Alt, tab, CapsLock, Shift, dan sebagainya. Masing-masing tombol tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut :
* ESC : Tombol ESC berfungsi untuk membatalkan pengetikan/ perintah.
* Tab : Tombol Tab berfungsi untuk memindahkan kursor ke tanda Tab Stop.
* Ctrl : Tombol Ctrl berfungsi untuk jika ditekan dengan tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
* Alt : Tombol Alt jioka di tekan bersama dengan tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
* CapsLock ; Tombol CapsLock berfungsi untuk pengetikan huruf kapital keseluruhan/berurutan.
* Shift : Tombol Shift berfungsi untuk menulis tanda baca yang ada di bagian atas dari suatu tombol yang memiliki dua huruf/anga/tanda baca, untuk mengetik huruf besar, dan jika ditekan bersama dengan tombol control kursor berfungsi untuk membuat blok.
*BackSpce : Tombol BackSpace berfungsi untuk menghapus karakter yang ada di sebelah kiri kursor.
* Enter : Tombol Enter berfungsi untuk mengakhiri perintah dan ganti baris/alenia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar