Minggu, 26 Desember 2010

materi kelas 7 : c. mengenal kotak dialog microsoft word

mengenal kotak dialog microsoft word
Apa sih Microsoft Word?
Microsoft Word adalah software pengolah kata, tujuannya untuk membuat laporan, membuat surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.  II.

A.     Membuka Microsoft Word
Bagaimana kah cara membuka Microsoft Word?, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:
1. Pada jendela Microsoft Windows
2.Klik TombolStart Pilih All Programs
3.Kemudian pilih dan klik Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
Cara lain yang bisa dipakai:
-Double Klik icon Microsoft Word pada desktop (jika short cut ke microsoft word sudah   dibuat)







Sebelum membuat dokumen dengan Microsoft Word, ada baiknya kita kenal dulu beberapa  istilah yang sering dipakai. Diantaranya yaitu Screen Layout (tampilan layar),Menu, dan Toolbar.

1.      Screen Layout  Screen Layoutatau tampilan layar, yaitu tampilan yang ditunjukkan komputer saat  menjalankan program. Untuk tampilan dalam Microsoft Word, tampilannya seperti gambar di atas.  Lihat bagian Baris Judul, terdapat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, Microsoft Word akan menampilkan file kita dengan nama Document1, 2, 3 dan seterusnya.
2.      Menu KataMenu yang digunakan dalam Microsoft Word artinya hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari, contohnya daftar menu di restoran. Di dalam menu ini ada beberapa perintah yang dapat dipilih, cara memilihnya adalah dengan menggeser mouse pada daftar menu, untuk menjalankan perintah pada menu tertentu cukup dengan mengklik perintah pada menu tersebut. 







4.      Toolbar Toolbaritu apa sih? Toolbar itu adalah adalah beberapa gambar kecil (icon) yang dipakai untuk menjalankan sebuah perintah yang ada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan meng-lik gambar kecil pada baris toolbar tersebut.

B.     Membuat Dokumen baru.
Jika kita baru memulai menjalankan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada beberapa cara untuk membuat dokumen baru :
1.Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile New, klik
2.Pada tampilan baru di sebelah kanan klik Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.Jendela dokumen kosong siap digunakan untuk pengetikan.
Cara lain yang bisa digunakan, yaitu :
Klik icon New Document yang ada pada baris toolbar.          

C.     Menyimpan Dokumen
Kalau bisa setelah kita memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan, Tujuannya untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen karena komputer padam, mati lampu, komputer hang, dll. Caranya:
1.      Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile Save, Klik
2.      Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save, pilih folder tempat menyimpan file
3.      selanjutnya tulis nama file dokumen dan klik save
4.      Diusahakan agar melakukan penyimpanan file sesering mungkin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar