Jumat, 10 Desember 2010

materi kelas 7 : g. mother board

motherboard
motherboard  adalah pusat tercetak papan sirkuit (PCB) dalam komputer modern dan memegang banyak komponen penting dari sistem, sambil memberikan konektor untuk peripheral lain. Motherboard ini kadang-kadang alternatif dikenal sebagai papan utama, board sistem, atau, pada komputer Apple, dewan logika. Hal ini juga kadang-kadang santai disingkat mobo.
Sejarah

Sebelum munculnya mikroprosesor, komputer tersebut biasanya dibangun dalam kasus kartu-sangkar atau mainframe dengan komponen dihubungkan oleh backplane yang terdiri dari satu set slot sendiri terhubung dengan kabel, dalam desain yang sangat tua itu koneksi kabel konektor kartu diskrit antara pin, tapi papan sirkuit tercetak segera menjadi praktek standar. Central Processing Unit, memori dan periferal yang ditempatkan pada papan sirkuit cetak yang terpasang ke backplane.

Selama akhir 1980-an dan 1990-an, menjadi ekonomis untuk memindahkan peningkatan jumlah sekeliling fungsi ke motherboard (lihat di bawah). Pada akhir 1980-an, motherboard mulai termasuk satu ICS (disebut Super I / O chips) mampu mendukung satu set periferal kecepatan rendah: keyboard, mouse, floppy disk drive, port serial, dan port paralel. Pada akhir 1990-an, banyak motherboard komputer pribadi didukung sejumlah audio, video, penyimpanan, dan fungsi jaringan tanpa perlu untuk setiap kartu ekspansi sama sekali, sistem yang lebih tinggi-end untuk game 3D dan grafis komputer biasanya tetap hanya kartu grafis sebagai komponen terpisah.

Perintis awal manufaktur motherboard yang Michronics, Mylex, AMI, DTK, Hauppauge, Orchid Technology, Elitegroup, DFI, dan sejumlah produsen asal Taiwan.

Komputer yang paling populer seperti Apple II dan IBM PC telah diterbitkan skema diagram dan dokumentasi lainnya yang diizinkan mundur cepat-engineering dan motherboard pihak ketiga pengganti. Biasanya ditujukan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan exemplars, motherboard yang ditawarkan kinerja tambahan atau fitur lainnya dan digunakan untuk meng-upgrade peralatan asli pabrikan.

Istilah mainboard adalah archaically diterapkan ke perangkat dengan satu papan dan tidak ada ekspansi tambahan atau kemampuan. Dalam istilah modern ini akan mencakup embedded system dan papan pengendalian di televisi, mesin cuci, dll motherboard khusus merujuk ke sirkuit dicetak dengan kemampuan untuk menambah / memperpanjang kinerjanya.
Ikhtisar

motherboard A, seperti backplane, menyediakan sambungan listrik dengan komponen yang lain dari sistem berkomunikasi, tapi tidak seperti backplane, itu juga menghubungkan unit pengolah pusat dan host subsistem lainnya dan perangkat.

Komputer desktop khas memiliki microprocessor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung ke motherboard. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal,
pengendali untuk menampilkan video dan suara, dan perangkat periferal dapat dipasangkan pada motherboard sebagai plug-in kartu atau melalui kabel, walaupun di komputer modern, semakin umum untuk mengintegrasikan beberapa peripheral ke motherboard itu sendiri .

Salah satu komponen penting dari motherboard adalah chipset yang mendukung mikroprosesor, yang menyediakan antarmuka pendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, untuk luas, fitur dan kemampuan dari motherboard.

motherboard modern termasuk, minimal:

    * Socket (atau slot) di mana satu atau lebih mikroprosesor dapat dipasang
    slot * di mana memori utama sistem akan dipasang (biasanya dalam bentuk modul DIMM mengandung chip DRAM)
    * Chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara front-side bus CPU, memori utama, dan bus perifer
    * Chip memori non-volatile (biasanya Flash ROM dalam motherboard modern) yang berisi firmware sistem atau BIOS
    * Clock generator yang menghasilkan sinyal clock sistem untuk menyinkronkan berbagai komponen

# Slot untuk kartu ekspansi (ini interface ke sistem melalui bus didukung oleh chipset)
# Daya konektor, yang menerima daya listrik dari power supply komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.
Selain itu, hampir semua motherboard menyertakan logika dan konektor untuk mendukung perangkat input yang umum digunakan, seperti PS / 2 konektor untuk mouse dan keyboard. Awal komputer pribadi seperti Apple II atau IBM PC hanya termasuk perangkat ini dukungan minimal pada motherboard. Kadang-kadang video antarmuka hardware juga terintegrasi ke dalam motherboard, misalnya, pada Apple II dan jarang pada komputer IBM-kompatibel seperti IBM PC Jr peripheral tambahan seperti kontroler disk dan port serial yang disediakan sebagai kartu ekspansi.

Mengingat daya panas tinggi desain CPU komputer berkecepatan tinggi dan komponen, motherboard modern hampir selalu menyertakan heat sink dan mounting untuk penggemar untuk mengusir panas berlebihan.
Sebuah socket atau slot CPU merupakan komponen listrik yang melekat pada papan sirkuit cetak (PCB) dan dirancang untuk rumah CPU (juga disebut mikroprosesor). Ini adalah jenis khusus dari soket sirkuit terpadu yang dirancang untuk jumlah pin yang sangat tinggi. Sebuah socket CPU menyediakan banyak fungsi, termasuk struktur fisik untuk mendukung CPU, dukungan untuk heat sink, memfasilitasi penggantian (serta mengurangi biaya), dan yang paling penting, membentuk sebuah antarmuka listrik baik dengan CPU dan PCB. soket CPU dapat paling sering ditemukan pada komputer desktop dan server yang paling (laptop biasanya menggunakan mount permukaan CPU), terutama yang berdasarkan pada arsitektur Intel x86 pada motherboard. Sebuah socket tipe CPU dan chipset motherboard harus mendukung seri CPU dan kecepatan.
Peripheral Terpadu
Dengan biaya terus menurun dan ukuran sirkuit terpadu, itu mungkin sekarang termasuk dukungan untuk banyak peripheral pada motherboard. Dengan menggabungkan berbagai fungsi dalam satu PCB, ukuran fisik dan biaya total sistem dapat dikurangi; sangat motherboard terintegrasi dengan demikian sangat populer dalam faktor bentuk kecil dan komputer anggaran.
Sebagai contoh, ECS RS485M-M, [6] motherboard anggaran khas modern untuk komputer berbasis prosesor AMD, memiliki dukungan on-board untuk rentang yang sangat besar periferal:

    
* Kontroler disk untuk floppy disk drive, sampai dengan 2 drive PATA, dan sampai dengan 6 SATA drive (termasuk RAID 0 / 1 support)
    * Kontroler grafis terintegrasi yang mendukung grafis 2D dan 3D, dengan VGA dan TV output
    * Kartu suara terintegrasi yang mendukung 8-channel (7.1) audio dan S / PDIF output
    * Fast Ethernet jaringan pengontrol untuk 10/100 Mbit networking
    * USB 2.0 controller mendukung sampai 12 port USB
    * IrDA controller untuk komunikasi data inframerah (misalnya dengan IrDA-enabled telepon selular atau printer)
    
* Suhu, tegangan, dan sensor kecepatan kipas yang memungkinkan perangkat lunak untuk memantau kesehatan komponen komputer
kartu Ekspansi untuk mendukung semua fungsi ini akan ada biaya ratusan dollar bahkan satu dekade lalu, namun, pada April [update] 2007 motherboard sangat terintegrasi tersebut tersedia untuk sebagai sedikit sebagai $ 30 di Amerika Serikat.
[Sunting] slot kartu Peripheral

Sebuah motherboard khas 2009 akan memiliki jumlah yang berbeda koneksi tergantung pada standar.

Sebuah motherboard ATX standar biasanya akan memiliki satu PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis, dua konvensional PCI slot untuk berbagai kartu ekspansi, dan satu PCI-E 1x (yang pada akhirnya akan menggantikan PCI). Sebuah motherboard EATX standar akan memiliki satu PCI-E 16x sambungan untuk kartu grafis, dan sejumlah bervariasi dari PCI dan 1x PCI-E slot. Hal ini dapat kadang-kadang juga memiliki PCI-E 4x slot. (Ini bervariasi antara merek dan model.)

Beberapa motherboard memiliki dua PCI-E 16x slot, untuk memungkinkan lebih dari 2 monitor tanpa hardware khusus, atau menggunakan teknologi grafis khusus yang disebut SLI (untuk nVidia) dan CrossFire (untuk ATI). Ini memungkinkan 2 kartu grafis yang akan dihubungkan bersama-sama, untuk memungkinkan kinerja yang lebih baik dalam tugas komputasi intensif grafis, seperti game dan video editing.

Pada tahun 2007, hampir semua motherboard datang dengan setidaknya empat port USB di belakang, dengan setidaknya 2 sambungan pada papan internal untuk port depan kabel tambahan yang dapat dibangun menjadi kasus komputer. Ethernet juga disertakan. Ini adalah standar jaringan kabel untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau modem. Sebuah chip suara selalu disertakan pada motherboard, untuk memungkinkan output suara tanpa perlu untuk setiap komponen tambahan. Hal ini memungkinkan komputer menjadi jauh lebih berbasis multimedia dari sebelumnya. Beberapa motherboard memiliki chip grafis mereka dibangun dalam motherboard dibanding perlu kartu terpisah. Kartu yang terpisah masih dapat digunakan.

Simak
Baca secara fonetik

Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar