Kamis, 27 Januari 2011

materi kelas 8 : bab 6. kolaborasi excel dan word , power point dan acces part 3 dalam membuat dokumen

Kolaborasi Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, dan Access Part 3



1. Buka Microsoft Office Word 2010.
Buka Word 2010
2. Selanjutnya, Bapak Sukoco harus mendesain terlebih dahulu Rapor Sementaranya, sebagai contoh seperti gambar berikut.
Contoh Desain Rapor Sementara
3. Setelah desainnya sudah dibuat, kita langsung klik Tab Mailings pada Ribbon, lalu pilih Select Recipients, dan pilih Use Existing List… Hal ini dilakukan agar Microsoft Office Word 2010 yang kita gunakan dapat terhubung dengan database yang tadi dibuat.
Mailings List
4. Setelah itu, cari database-nya dimana yaitu pada Documents di dalam folder Sukoco. Klik Open.
Buka DataBase
5. Selanjutnya, Database akan langsung terhubung ke dalam Microsoft Office Word 2010 yang kita gunakan untuk membuat Rapor Sementara. Kita bisa langsung bisa insert atau menambahkan data pada dokumen yang kita buat dengan cara (masih dalam Tab Mailings) klik tanda panah kebawah pada Insert Merge Field lalu samakan dengan posisi pada teks yang kita buat, jika pada Nama ya field-nya nama juga. Sehingga nanti selaras.
Insert Data
6. Ulangi sampai semuanya selesai seperti gambar dibawah ini.
Complite Insert Data
7. Setelah semuanya selesai, klik Preview Result untuk melihat hasilnya. Maka Data tadi yang ada dalam database akan muncul pada Rapor Sementara yang dibuat, seperti gambar dibawah ini.
Preview Result
8. Kita dapat melihat data-data yang lainnya dengan cara mengklik panah ke kanan (>) atau ke kiri (<).
Next Record
9. Terakhir kita dapat mencetak (Print) datanya secara langsung, yaitu klik pada Finish & Merge, lalu pilih Print Documents.
Print dokument
10. Akan ada pilihan untuk print record. Terserah kita, intinya sama seperti print pada dokumen yang lain. Contoh kali ini From 3 to 7 yaitu artinya cetak dari record ke 3 sampai ke 7, klik OK jika sudah.
PIlihan Print
11. Nah, akan muncul tampilan print seperti biasa. Tinggal langsung klik OK.
Print
12. Nah, sampai tahap ini sudah selesai. Tinggal terakhir di save pada folder Sukoco di Documents dengan nama Rapor Sementara Siswa Berprestasi.
Save Dokument

Tidak ada komentar:

Posting Komentar