Kamis, 27 Januari 2011

materi kelas 8 : e. membuka file excel secara bersamaan


share-fileSambil menonton debat capres di TransTV, saya meluangkan waktu untuk menulis di blog ini. Meskipun menulis ini sambil merasa bersalah karena tulisan saya sebelumnya menggunakan bahasa asing yaitu bahasa inggris, kata mastein bilangnya bahasa linggis :D, dan dari berbagai komentar yang ga ngerti bahasa Inggris. Oleh karena itu saya tuliskan kembali kedalam bahasa Indonesia  yang merupakan salah satu bangsa yang memiliki bahasa sendiri atau dengan kata lain tidak mengadopsi bahasa lain.
Sebenarnya saya menginginkan agar tulisan di blog ini berselang-seling antara bahasa Indonesia dan Inggris (sambil belajar menulis bahasa inggris). Baiklah, saya lanjutkan dan fokus ke judul tulisan ini. Tulisan ini saya dapatkan dari permasalahan yang terjadi di tempat kerja 4 tahun yang lalu. Dimana user mengalami kesulitan dalam menggunakan Microsoft Excel. Satu file yang berisi data-data hasil perhitungan yang akan diubah secara bersamaan oleh user. Saat itu yang terjadi adalah setelah file ini dibuka, oleh user satu  maka user yang lainnya hanya bisa membuka dengan status “Read Only”.
share-workbookKala itu saya belum mengetahui solusinya, sampai akhirnya mencoba mencari sendiri fungsi-fungsi yang ada di excel. Dan akhirnya saya mendapatkan ilmu yang sangat berharga ini. Setelah kita mengetahui ternyata sangat sederhana pemecahannya yaitu dengan cara membuka menu “Tools –> Share Workbook” kemudian centanglah “Allow changes …”. Coba lihat di screen shot yang saya tampilkan di samping.
Apa yang terjadi setelah anda melakukan ini? File Excel dapat diubah, ditambah, atau dipergunakan secara bersamaan. Ini sangat berguna sekali di dalam pekerjaan. Namun keterbatasan masih sangat terasa, cara yang terbaik adalah memiliki sistem yang menggunakan network database yang diatur oleh DBMS, dan membuat aplikasi agar dapat mengakses database ini menggunakan alat pengembangan perangkat lunak seperti delphi, visual basic, java, dan lain sebagainya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar